Wednesday, March 6, 2013

Produksi Tinta dari Ekstrak Gambir

Provinsi Sumatra Barat memproduksi tinta khusus pemilihan umum (pemilu) berbahan baku ektrak gambir.

“Produksi perdananya pun langsung dipakai pada Pilkada Kota Payakumbuh pada bulan depan (Juli),” katanya kepada Bisnis di Padang, Kamis 28 Juni 2012.

Menurut peneliti, komoditas gambir asal perkebunan di Sumbar dapat diolah menjadi bahan tinta, dengan kualitas sama dengan tinta berbahan kimia.

Malah, di sisi biaya (pembuatan dan pasar), tinta berbahan dasar alami ini justru lebih murah, karena bahan bakunya diperoleh dari perkebunan gambir di Sumbar.


Temuan pembuatan tinta pemilu berbahan ekstrak gambir ini merupakan hasil penelitian selama 1 tahun dilakukan tim peneliti Unand.


Dengan kualitas daya lengket ke kulit yang tahan selama 3 hari, plus warga ungu, tinta ini pun langsung dikhususkan penggunaannya ke pemilu. “Sebab, hasil ini mengarah ke persyaratan tinta untuk digunakan di pelaksanaan pemilu,” katanya.

Fokus penciptaan tinta untuk pemilu ini pun sudah menjalani syarat administrasi panjang, mulai dari penyesuaian dengan prosedur spesifikasi tinta kebutuhan Komisi Pemilihan Umum (KPU) , hingga status perizinan (legalitas) dari instansi berkompetan terkait.

Gambir (Uncaria gambir (Hunter.) Nama Latin :Uncaria gambir (Hunter.)

Nama Daerah : Gambie (Sumatra Barat). Habitat :Tumbuh dihutan atau ditanam dikebun dan pekarangan rumah.

Deskripsi :Tanaman perdu, tinggi 1-3 cm. Batang tegak, bulat, percabangan simpodial, warna cokelat pucat. Daun tunggal, berhadapan, bentuk lonjong, tepi bergerigi, pangkal bulat, ujung meruncing, panjang 8-13 cm, lebar 4-7 cm, warna hijau. Bunga majemuk, bentuk lonceng, di ketiak daun, panjang lebih kurang 5 cm, mahkota 5 I ielai berbentuk lonjong, warna ungu, buah berbentuk bulat telur, panjang lebih kurang 1,5 cm, warna hitam. Bagian yang Digunakan Sari daun yang dikeringkan (gambir).

Kandungan Gambir :Kandungan Kimia Katekin, kuersetin, zat samak katekin, merah katekin, lendir, lemak, dan malam.

Khasiat Gambir :Khasiat Gambir adalah sebagai Astringen dan hemostatik. PENELITIAN Zulfadli, 1989. Farmasi, FMIPA UNAND. Telah dilakukan uji mikrobiologi ekstrak daun dan ranting Gambir terhadap beberapa bakteri penyebab diare secara in vitro. Dari hasil penelitian tersebut, ternyata ekstrak daun dan ranting Gambir dapat menghambat pertumbuhan bakteri

Baca Artikel Terkait

No comments:

Post a Comment